Beranda > Opini > SNI Nyusahin Rakyat Kecil??

SNI Nyusahin Rakyat Kecil??

Pada dasarnya gw sangat mendukung penerapan helm wajib SNI, karena ini demi keselamatan biker itu sendiri. Akan tetapi sangat disayangkan pendekatan yang salah justru menurut gw malah menyusahkan rakyat kecil. khususnya pasal 57 ayat 2 yang menegaskan bahwa setiap pengendara sepeda motor wajib memakai helm sesuai standar nasional Indonesia. Siapa saja yang melanggar aturan ini bisa dikenai sanksi kurungan maksimal satu bulan atau denda maksimal Rp 250 ribu. Menurut gw undang undang ini sebuah pendekatan yang salah.. SNI oke! tapi polisi merazia dan mungut denda 250 rb !! keterlaluan!

Jadi menurut gw jangan terburu buru mendukung undang undang wajib SNI, karena pasal dan ayat tersebut masih multi tafsir, dan tentunya bisa disalah gunakan oleh aparat aparat yang iseng untuk memeras rakyat kecil! selain itu helm yang standart keselamatannya tinggi bukan hanya SNI, Peraturan mengenai biker yang memakai standar yang jelas jelas lebih tinggi dari SNI juga harus diperjelas! jadi jangan sampai seenaknya merazia orang dijalan terus didenda 250rb.

Uang 250 rb sama dengan BLT, jadi menurut gw yang harusnya dirazia jangan rakyat pemakai , setidaknya untuk saat ini!.. Karena mereka sudah beli helm itu sejak beberapa waktu yg lalu, jadi biarkan mereka memakainya sampai dirasakan sdh layak diganti!!!…paling lama helm yang sering dipakai hari hari bakal tidak layak pakai dalam waktu 2 tahun kurang.. jadi biarkan semuanya berjalan ala kadarnya..

So Yang harusnya dirazia sejak 1 April adalah toko2 yang masih menjual helm yg belum standart sni !!! Rakyat kecil cukup dihimbau untuk segera mengganti helm berstandard SNI.. Toh dalam kurun waktu 2-3 tahun seandainya aparat berhasil menertibkan pedagang pedagang nakal yang menjual helm non standard, gw yakin dengan seyakinnya helm helm SNI bakal menjadi standar yang bakal dipakai oleh biker dengan sendirinya, ini disebabkan sudah hampir tidak ada helm non SNI dijual..

Jadi(maaf kalau huruf cap semua) JANGAN RAKYAT KECIL TERUS2AN DITAKUTI AKAN DIDENDA 250RB, UANG YANG SANGAT DIPERLUKAN MEREKA UNTUK MENGASIH MAKAN KELUARGANYA!! SAMBIL NONTON GAYUS LAGI BAGI2 UANG KE PARA PENEGAK HUKUM TINGKAT ATAS!!! SEMENTARA, PARA PENEGAK HUKUM YG KECILAN DISURUH NGUMPULIN UANG RAKYAt 250ribuan dengan ALASAN DENDA BERDASARKAN UNDANG2!!!

Kesimpulannya buat gw Helm SNI sudah benar, tapi jangan yang di razia pemakainya! Harusnya aparat sejak 1 april menertibkan penjual penjual helm non SNI! Pikirkan beban ekonomi rakyat para pemakai motor itu! Faktanya pengendara motor lebih banyak dari rakyat ekonomi lemah! Kepada aparat dan pemerintah .. tolong pikirkan rakyat rakyat kecil !!

Harusnya sejak 1 April semboyannya ” HIDUP SNI!! JANGAN JUAL HELM NON SNI LAGI!!”

MARI KITA SELAMATKAN RAKYAT DARI KESALAHAN PENDEKATAN INI!! Jangan sampai SNI yang ditujukan untuk keselamatan pengendara malah menjadi kesusahan baru buat rakyat kecil!..

About these ads
Kategori:Opini Tag:, ,
  1. Maman
    April 3, 2010 pukul 12:23 pm

    PERTAMAX!! .. setuju ! harusnya jangan dibebanin biker dong!!! tertibkan toko toko tempat jual helm bukan SNI

  2. el niino
    April 3, 2010 pukul 4:42 pm

    ane punya usul sih….kalo pemerintah punya niat serius….

    bikin program penukaran GRATIS( tuker tambah juga boleh )…helm non SNI ( tapi kalo dah lulus DOT ato Snell ….ga usah….) dengan helm SNI

    pake tuh duit pajak….jangan GAYus aja di bikin kaya…

  3. Dave
    April 4, 2010 pukul 6:24 am

    Setuju, harusnya penjual yang dirazia.. jangan biker yang dirazia.. kalau begini jadi lahan baru buat cari duit plokis

  4. Gugun
    April 5, 2010 pukul 11:17 am

    iyah gw juga khawatir peraturannya disalahgunakan sama aparat.. jadinya tujuan razia bukan demi keselamatan biker.. tapi aparat lg nyari duit

  5. kykhie
    April 7, 2010 pukul 2:52 pm

    eh, serius nih… beneran gw nanya.. mereka taunya SNI aja kan?? kalo DOT,SNELL or ECE gitu gimana?? di helm gw kagak ada tulisan SNI-nya tapi ada DOT-nya… yg mo ngerazia tau ngga kalo standar itu diatas SNI?ntar maen razia aja gara2 gw pake DOT lagih…. hiks…
    itu kayak yg di poto, si ibu pake helm non SNI y? koq ditangkep juga?? padahal dia pake helm bagus kan…

  6. Aim
    April 7, 2010 pukul 5:50 pm

    kalau yang difoto siapa tau bapak polisi lagi sekedar ngecek stnk dll hehehe ..

    Info terakhir helm standard DOT,SNELL bisa dipake .. nih linknya http://ninja250r.wordpress.com/2010/04/02/helm-berstandar-sni-atau-ber-embos-sni/

    .. hanya saja karena peraturan yang tertulis SNI, bisa jadi kejadian di lapangan berbeda .. jadi bisa saja polisi pakai aturan ini buat cari cari alasan walaupun helm kita standard DOT .. IMHO .. peraturannya harus diperjelas tuh..

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 154 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: