Beranda > Lain Lain > Airbag Untuk Biker

Airbag Untuk Biker

Teknologi airbags di sepeda motor sebenernya bukan hal baru.. Sejak tahun 1970an airbag untuk sepeda motor sudah dipikirkan… tapi tentunya untuk mewujudkan dari teori ke aplikasi bukan hal yang mudah ..Alpinestars baru baru ini meluncurkan suit yang terdiri dari tujuh sensor yang terus mengambil data dan mengolahnya.. terdapat CPU di punuk aero suit ini (di belakang helm pada punggung atas)..dan juga terdapat dua airbag di sisi bahu.. CPU bertugas untuk memutuskan kapan airbag harus dilepas.. untuk memprediksi kapan pengendara mengalami kecelakaan bukanlah hal yang mudah, untuk itu dibutuh kan waktu 10 tahun untuk menghasilkan suit yang siap untuk test di sirkuit.

Cara Kerja

Tujuh sensor dan accelerometers tersebar di beberapa bagian suit.. ketujuh sensor itu memberikan informasi data ke CPU secara konstan tentang g-force, perilaku pengendara dan posisi tubuh. CPU didukung oleh os yang berfungsi untuk menerjemahkan data menjadi algoritma guna memastikan bahwa pengendara sedang benar benar mengalami kecelakaan, atau hanya sekedar mengendarai benar benar rebah di tikungan… Hal ini sangat penting karena salah eksekusi tentu akan berbahaya buat rider.. Sistem melalu lima tingkat perhitungan untuk menyimpulkan bahwa kecelakaan sedang benar benar terjadi dan mengaktifkan airbags.

Untuk saat ini, Alpinestars mengoptimalkan perlindungan khusus di area bahu dan tulang, ini disebabkan karena 48 % cedera dari kecelakaan sepeda motor adalah trauma bahu. Walaupun begitu suit ini juga tidak hanya terbatas melindungi rider pada wilayah tersebut.. sistem airbag yang diterapkan modular, jadi posisi bentuk dari airbag dapat disesuaikan untuk melindungi area tubuh yang yang lain…

Kesimpulan

Harapan dari Alpinestars dalam waktu 18 bulan kedepan suit ini sudah siap dipasarkan, saat ini versi yang sedang diuji coba adalah versi sirkuit, untuk versi off road juga sedang dalam pengembangan… harga yang harus dibayar untuk sistem ini diperkirakan 2500 USD diluar harga suit itu sendiri.. akan tetapi Alpinestars yakin kalau itu harga yang murah apabila menilai dari sisi keselamatan rider itu sendiri.

Iklan
Kategori:Lain Lain Tag:
  1. VJ RacingSpeed
    Mei 7, 2010 pukul 12:53 am

    Mantaaaaaabbbbb… mantab modelnya… mantab harganya……xixixixii……

  2. Mei 7, 2010 pukul 10:22 am

    yg dainesse kan dah dipake sama Lorenzo

  3. Aim
    Mei 7, 2010 pukul 12:06 pm

    kalau gak salah beda sistem dah dengan yang dainesse .. cmiiw

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: