Beranda > Opini > Rossi pindah pabrikan, adakah pengaruhnya buat pasar Yamaha di tanah air?

Rossi pindah pabrikan, adakah pengaruhnya buat pasar Yamaha di tanah air?

Nama Valentino Rossi alias “The Doctor” adalah magnet raksasa dunia motor. Kepiawaiannya menaiki kendaraan roda dua membuat Industri motor di dunia bisa jungkir balik. MotoGP yang akhir-akhir ini tanpa Rossi juga terasa hambar. Hal ini menunjukkan kecintaan para biker dunia dengan sosok yang satu ini, yang selama ini menjadi duta Yamaha yang tidak bisa dipungkiri membantu menjual banyak bebek di Indonesia, dan pastinya YZF-R6 di dunia.

Dengan pindahnya Vale ke Ducati tahun depan, apakah akan ada pengaruhnya di pasar Indonesia? Tentu saja ada pengaruhnya, tetapi berapa besar itu yang masih menjadi pertanyaan.

Apa saja yang akan hilang dari Yamaha jika the Doctor pindah ke Ducati? Kita hitung-hitung yuk.

  1. Semua produk Yamaha resmi 2011 akan haram ditempelkan embel-embel no 46, nama Valentino Rossi, the Doctor, maupun warna kuning khas Vale. Dengan demikian, mulai dari moge hingga matic ber cc kecil akan kehilangan tipe yang sangat populer yaitu Fiat Yamaha livery. Diluar itu, bagi para pemilik Yamaha yang sudah terlanjur menempelkan sticker ataupun hingga mengecat motornya secara extreme hanya untuk menaruh logo 46 nya di motor, pasti akan kecele karena the Doctor sudah tidak ada di Yamaha, sehingga memberikan kesan “basi”.
  2. Semua iklan Yamaha mulai dari Yamalube, Jupiter MX, hingga iklan YZF-R1 akan nongol tanpa Rossi. Mungkin saja Lorenzo menjadi penggantinya. Tetapi pesona seorang juara dunia MotoGP sekali (jika Jorge tahun ini menang), tidak mungkin bisa mengalahkan pesona Rossi yang sudah menjadi legenda MotoGP.
  3. Pemilik Yamaha sudah tidak bisa menempelkan stiker 46 di motornya dengan bangga, karena Rossi ada di pabrikan lain.
  4. PRJ tahun depan tidak akan ada motor replika Rossi di standnya. Jadi Yamahapun harus putar otak kalau mau rame standnya dengan orang foto-foto tanpa mengeluarkan motor baru.
  5. Penjualan motor Yamaha kemungkinan menurun dikarenakan gregetnya hilang tanpa bayang-bayang the Doctor. Saya bisa omong begini karena Yamaha Indonesia adalah satu-satunya Yamaha di dunia yang penjualannya bisa mengalahkan Honda. Sedikit banyak pasti ada pengaruh dari jawara balap dunia tersebut. Saya yakin Yamaha akan tetap didepan jika konsisten dengan promosi dan inovasinya. Lagipula, the Doctor pindah ke pabrikan yang tidak jualan matic dan bebek disini kok.
YZF R1 2010 Limited Edition Valentino Rossi

YZF R1 2010 Limited Edition Valentino Rossi, enggak mungkin ada lagi di 2011

Jika memang Yamaha sudah angkat tangan melepas Rossi, pasti juga ada sebabnya. Ayo kita perkirakan apa yang ada di benak Yamaha.

  1. “Kami sebenarnya masih perlu Rossi. Tetapi kalau dia suruh kami pilih antara dia dan Jorge ya kami bingung dong, Jorge kan masa depan Yamaha, sementara Vale sudah cukup berumur. Kami yakin kalau Rossi pindah, dia enggak mungkin bisa ngalahin M1 yang dia dan Burgess kembangi beberapa tahun ini. M1 sudah sempurna, dan Jorge is the future, dia kalem dan sekelas dengan Rossi. Pasti akan menjadi duta Yamaha yang tidak kalah dengan Vale. Lagipula, kami bisa berhemat banyak, Rossi gajinya gede bener bow…”
  2. “Enggak mungkin Rossi bisa juara 2011, karena dia baru kenalan dengan Ducati yang sulit kendarai. Kalaupun Jeremy Burgess bisa mengembangkan Desmosedici, pada saatnya nanti Rossi pasti sudah ketuaan, jadi enggak mungkin bisa menang dengan Jorge yang masih muda belia dan juara pula…”
  3. “Ben Spies yang lebih ganteng dari Rossi pasti akan langganan podium juga kalau dikasih M1 nya Rossi. Selain itu pasar motor amrik pasti rame kalau Spies masuk tim pabrikan. Kita belajar dari Hayden yang bikin laku Ducati di amrik. Sedangkan Indonesia, tenang saja deh, Lorenzo dan Spies pasti bisa shooting bareng Komeng lagi tahun depan untuk iklan MotoGP di Trans 7”

Anyway, 3 poin diatas itu hanya perkiraan ya teman-teman, bukan berdasarkan wawancara beneran, jadi jangan terlalu serius bacanya.

Jorge : Tenang aje bos yamahe, masih ada ane kok, liat nih ane salip, ciaaat

Jorge : Tenang aje bos yamahe, masih ada ane kok, liat nih ane salip, ciaaat

Pertanyaan terakhir, bagaimana menurut anda? Apakah ada pengaruhnya kepada penjualan Yamaha di dunia jika Vale pindah? Ditunggu ya komennya.

Iklan
  1. minimiman
    Juli 5, 2010 pukul 9:02 pm

    Pertamax….. hehehehe
    Ya menurut g sih pst ada imbasnya tp mungkin gk terlalu significant…
    Secara orang beli motor jg bnyk liat faktor lain selain dr siapa yg dukung (dlm hal ini rossi) heheh
    Itu cuma pendapat g sih ;p

  2. Juli 5, 2010 pukul 10:15 pm

    keduax
    yah kayah pindahnya rossi dari honda ke yamaha dulu..

  3. Juli 5, 2010 pukul 10:16 pm

    keduax
    yah kayah pindahnya rossi dari honda ke yamaha dulu..lah

  4. daris
    Juli 6, 2010 pukul 6:06 am

    ngakak baca perkiraan dr yamaha 😆

  5. Juli 6, 2010 pukul 9:42 am

    Rossi pindah ke Ducati rasanya gak terlalu ngefek pengaruhnya buat pasar Yamaha di Indonesia. Penggemar Rossi kan tidak hanya dari konsumen Yamaha saja tetapi juga dari merek2 lain. Malahan banyak rekan yg punya motor di luar merek Yamaha adalah penggemar Rossi 😀

  6. Fr1z
    Juli 6, 2010 pukul 12:45 pm

    tapi bisa juga ngaruh om…
    lha wong yang beli motor di indo kan banyakan bebek sama matic…. trus itu juga banyak yang di desa…. dimana masih berfikiran ” lihat neh gw punya motor yamaha, motornya rossi…” soalnya kalo rossi sudah terkenal seantero pelosok indonesia, lain hal nya sama JL dan Spies , masih jarang yang kenal di pedalaman…

    beda halnya kalo yang beli di perkotaan, mindset nya lebih jelas dan lebih berprinsip, tapi tetap aja, yamaha sekarang identik banget sama rossi..

    kalo rossi pindah… yah “belum” ada lagi yang bisa membuat membuat orang bangga punya yamaha….

    apalagi pindahnya ke ducati, yang kalo di indonesia identik dengan motor mahal… jadi yah kita lihat aja deh gimana kedepannya.. :mrgreen:

  7. Juli 6, 2010 pukul 12:56 pm

    Alasan utama yamaha menurunkan gajinya rossi, karena secara global tahun kemarin yamaha merugi…

    • adi
      Juli 7, 2010 pukul 8:00 am

      nggak juga bro, lebih tepatnya gaji rossi buat ngelipatgandakan gaji lo Rinso. Makanya Rossi merasa terzolimi…dan gw yakin rossi pasti ke ducati deh kalo udah disepelekan gini

  8. bleh
    Juli 6, 2010 pukul 1:50 pm

    Pengaruhya ada pasti.. Tp gak bakalan banyak…..mengenai Yamaha potong gaji rossi..Tp kok Lorenzo malah dinaikin..jelas aja sakit hati

  9. arieprawira
    Juli 6, 2010 pukul 3:32 pm

    kalau pengaruh pasti ada, dan itu kalau penggemarnya Rosi tapi kalau penggemarnya Yamaha pasti gak mungkin beralih, saya suka Yamaha sejak di tunggangi oleh Wyne Riny asal Amrik waktu jaman 500 cc, samape sekarang juga tetep senang kok.
    http://linkjournal.wordpress.com/

  10. Juli 14, 2010 pukul 1:09 pm

    pengaruh pasti ada lah tapi iya bener tuh nggak terlalu signifikan contohnya gue yang Rossi lover banget milih pake yamaha mio bukan karna Rossi pembalap Yamaha, heheheeee…. Lorenzo mah udah enak tinggal nerusin ajah karena semuanya udah dimulai dan dibangun oleh Rossi.

  11. Rick
    Agustus 15, 2010 pukul 10:20 pm

    Klo ada kacang lupa akan kulitnya gak lama suksesnya… Klo emang Yamaha mo buang Rossi (yg sdh bikin Yamaha hebat… bahkan di thn pertama Rossi gabung…) dan lbh milih Lorenzo (krn lbh muda dan jg berbakat) nasibnya akan sama dgn pabrikan Honda….

  12. arya
    Agustus 17, 2010 pukul 4:39 am

    yang pasti pemakai yamaha terutama tipe sport ndak bisa bangga seperti pahlawan yang ia idolakan di moto gp tsb…berarti yang akan ada efek penjualanya di indonesia terutama yg tipe sport spt jupiter mx.tp kalo tipe lain kayaknya tidak terlalu pengaruh

  13. Ramadhan
    Agustus 29, 2010 pukul 3:27 pm

    slama rossi di yamaha gw g suka coz yamaha jd blagu n iklannya nyepelein motor2 lain…sekarang rossi dah pindah ke ducati, gw yakin yamaha g kan laku coz motornya jd lelet…

  14. PASEO
    Desember 15, 2010 pukul 12:40 am

    HEMMMMMM………….kayae g tuh…!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: