Beranda > Opini > Kalau Byson “Brojol”, Vixion Mending Diganti R15!

Kalau Byson “Brojol”, Vixion Mending Diganti R15!

Saya bukan seorang ahli marketing, disini saya hanya seorang seorang biker pengguna motor Yamaha. Saya ingin menyuarakan suara hati dari banyak pengguna motor Yamaha yang saat ini sedang mengidamkan motor sport berfairing dari YMKI. Mungkin banyak yang telah menuliskan hal serupa seperti saya, tapi seribu suara lebih baik dibanding satu (lebay).

Ini yang hilang dari line up motor sport Yamaha!

Saat ini YMKI dengan Vixion boleh dibilang sehat wal afiat :p, tapi rupanya YMKI tidak puas dengan Vixion dan berniat ‘brojolin’ Byson sebagai tandem “Giant Killer”. Saya sebagai biker tentunya senang ada motor baru, tapi kok saya bertanya tanya buat apa yah keluarin motor yang kelasnya sama? Menurut saya pribadi keluarnya Byson malah bisa memakan pasar Vixion, faktanya tampilan Byson sangat keren! believe it or not, menurut saya sebagian besar biker pilih motor yang keren, irit no 2, dan performa no 3. Yang jadi masalah dari segi performa Byson vs Vixion relatif tidak beda beda banget, jadi sekarang pilihannya kerenan mana?

Ok Vixion injeksi, terus? Kalau saya mau bilang masih sedikit orang yang menganggap injeksi itu sebuah keharusan, apalagi mesin injeksi lebih susah di tune up. Jadi menurut saya tidak banyak orang yang milih motor karena sudah injeksi. Injeksi memang suatu teknologi yang baru, yang secara perlahan mengganti sistem karbu, karena memang banyak kemudahan, tetapi masyarakat kita masih belum siap menerima sistem injeksi secara utuh. Masih banyak komentar “Ah ribet , servis aja musti di beres” “Kalau rusak gak semua bengkel bisa benerin!”. Jadi karena Vixion injeksi bukan berarti akan dilihat suatu keunggulan yang wah dibanding Byson. “injeksi ? …ooooh”

Oleh karena itu menurut saya buat apa Vixion dipertahankan? Lebih baik langsung saja diganti dengan R15, tapi tentu nama Vixion jangan sampai hilang, mungkin nama nya bisa jadi “Vixion-R” “VX R15” atau apalah itu urusan orang Yamaha kasih nama. Nah kalau seandai Vixion diganti R15, di mata kita bikers bakal lebih dilihat sebagai suatu nilai ++++ . Udah injeksi, berfairing lagi ! Pantas dong jadi kakanya Byson.

Kalau dihitung hitung R15 di India sana harganya dibawah 20 jt, jadi saya sangat yakin YMKI bisa brojolin R15 dengan harga 25 an. Dengan demikian menurut saya line up motor sport Yamaha lebih solid, ada Byson yang mewakili naked bike, Ada R15 yang mewakili sport fairing, dan ada si kalejengking facelift yang mewakili motor dengan cc paling besar dari Yamaha.

Ini harusnya line up Yamaha + Scorpio facelift, komplit deh!

Ini hanyalah opini pribadi, semoga bermanfaat!

Iklan
Kategori:Opini Tag:, , ,
  1. Icaq's
    Juli 20, 2010 pukul 5:26 am

    Sebenernya lebih setuju pake body R125 bro…tp emang yg paling mungkin R15 secara dah ada di India.
    Beberapa waktu lalu dah sempet di test ride di internal YIMM tp gak berkelanjutan untuk dipasarin krn terganjal harga yg terlalu tinggi.

  2. daris
    Juli 20, 2010 pukul 7:31 am

    nanggung bro R15, lebih baik R125 desainnya lebih oke

    • Aim
      Juli 20, 2010 pukul 9:09 am

      siapapun bilang mending r125 hehehe .. orang lebih kerennnnnnn …. tapi yang realistis aja deh .. r15 aja susah :p

  3. Yamaha Lover bukan sales
    Juli 20, 2010 pukul 7:49 am

    IMHO, Jika Vixi di ganti ama R15 atau bahkan R125 sekalipun mungkin nantinya pasarnya akan semakin sempit.
    Mengingat segmentasi pasar motor sport mungkin hanya sebatas kalangan tertentu saja, bro. Untuk bapak2 guru, PNS, atau petani di desa jika harus memilih mungkin akan memilih vixy yg spt skrng dibandingkan dg full fairing spt itu.
    So, hal itu bisa menurunkan penjualan di pihak YMKI tentu saja.

    • Aim
      Juli 20, 2010 pukul 9:01 am

      gw justru ragu deh guru,pns,petani di desa bakal milih vixi.. yah itu karena sistem injeksi yang terkesan ribet dan gak ada yang ngerti sevis kecuali beres(walupun faktanya gak begitu) ….apalagi di desa desa ..

      menurut gw di di desa desa vixi sekalipun masuknya ke anak muda, gak kena ke guru,petani,dsb …mereka cendrung milih bebek ..

      vixi yang sekarang tuh lebih diterima anak anak muda kan? biar itu di kota… makanya gw pikir buat apa vixi dipertahanin ? diganti aja .

      pasar motor sport emang sempit…makanya harus lebih berani gak cuman mikir untung geedee

  4. Juli 20, 2010 pukul 7:51 am

    r125 gak enak buat harian. Btw scorpio gak dianggep nih

    • Aim
      Juli 20, 2010 pukul 9:03 am

      sapa bilang bro.. enak ah hehehhe.. tapi emang riding position pure sport sih..

      scorpi dianggap kok, cuman belum ada foto jelas nya jadi gambarnya gak gw masukin

  5. alrozzzi coolrider 2
    Juli 20, 2010 pukul 8:25 am

    ❓ atau, tetep ngeluarin vixion dan r15? semacam sistem keroyokan gituu… jadi yang pengin vixi biasa ya bisa beliii yang pengin fairing juga terakomodasi… :mrgreen:

    • Aim
      Juli 20, 2010 pukul 9:07 am

      ide bagus tuhh… ada dua versi .. tapi costnya bukan lebih tinggi tuh bikin dua versi.. sedangkan YMKI kan mirip AHM .. bagaimana mengeruk keuntungan sebesar besarnya heheheh

  6. a'lilin
    Juli 20, 2010 pukul 8:29 am

    vixion dijual 2 versi aja, seperti ninja 150 contohnya. secara engine sama tapi model naked dan full fairing. kalo nggak, fairing R15 jadiin optional aja, jadinya yang punya vixion lama kalo mau tampil sporty tinggal plug and play. btw kemarin saya lihat vixion dimodif jadi R15 keren juga lho, tampangnya lebih gahar, kalo cuman model CBR 150 mah gak ada apa2nya.

  7. bleh
    Juli 20, 2010 pukul 8:38 am

    Kalau r125 harganya bukanya bakal lebih mahal tuh? ….yang mungkin r15 aja susah xixi …ymki Mang mikirin duit aja…

  8. Juli 20, 2010 pukul 9:14 am

    beuh,,,R15 warna biru keren juga

  9. EH
    Juli 20, 2010 pukul 9:26 am

    menurut ku lebih ok apa bila di facelift tu vixi dengan body r125 coz lebih terlihat aura sport tulen…dan hmmm gagah…..scara kan situ da pernah body vixi ganti R125..wkwkwkwkwkwkwk mantapz kan…xixixixixi

  10. Juli 20, 2010 pukul 10:03 am

    Menurut ane Vixion belum perlu diganti ama R15. Meski Byson akan menggerogoti kue penjualan Vixion tapi kan ujung2nya masih satu pabrik.Mengganti Vixi dgn R15 belum tentu R15 akan sesukses penjualan Vixi.Lain halnya jika R15 dihadirkan buat nemenin Vixi ama Byson 🙂

    • Aim
      Juli 20, 2010 pukul 10:55 am

      Menurut gw sih.. kalau menggerogoti kue vixion .. what for bro?? dari satu pabrikan memang, tapi apa bakal nambah market share motor sport yamaha di tanah air kalau yang satu laku yang satu turun? sama aja ujungnya marketshare bakal gitu gitu aja.. jadi buat apa byson brojol? gak ada keuntungan lebih toh? mending vixion aja matengin …gak usah brojolin motor yang relatif sama kelasnya..

      nah kalau emang byson mau brojol vixion nya aja diganti secara bertahap.. dikurangin produksi nya.. dan kedepannya diganti r15

  11. TungguL
    Juli 20, 2010 pukul 10:35 am

    menurut sy sih terlalu maksa ya.. atau takut karena ada New Mega Honda..

    sayang banget… eman.. eman…

  12. adam
    Juli 20, 2010 pukul 11:51 am

    saya pesen satu

  13. Fr1z
    Juli 20, 2010 pukul 12:06 pm

    dengan bertambahnya line up dipastikan makin memanjakan konsumen dengan aneka pilihan yang tersedia, gwe yakin kalo pilihan sudah tersedia maka pasar dengan sendirinya akan menyerap apa yang disediakan…karena tiap orang itu berbeda persepsi dan seleranya, masih banyak kok yang belum terakomodir keinginan dan seleranya dalam kancah roda dua indonesia, jadi menurut gwe kalo ymki mau gelontorin produk baru atau upgrade dari yang dah ada pasti tetep laku tuh… ga usah takut dan biar pasar yang membuktikan !!

  14. Kodok Ijo
    Juli 20, 2010 pukul 1:07 pm

    Ngarepin YMKI brojolin R15? hahaha… sama aja ngarepin buah duren jatuh dari pohon rambutan.

  15. Kodok Ijo
    Juli 20, 2010 pukul 1:13 pm

    Kyknya cuman KMI deh yg agak mending, msh mau gelontorin motor2 yg keren dan berkelas. Tapi kalo jualan bebeknya bisa nyaingin AHM & YMKI, aye rasa sama aja, pasti lbh sibuk gelontorin bebek2 & matic juga. Pikiran ATPM2 di sini mah udah jelas, cari keuntungan sebanyak2nya. Nah, buat apa cape2 mikirin produksi motor2 sport yg pasarnya cuman secuil, ya kan.

  16. kripikpedes
    Juli 20, 2010 pukul 9:21 pm

    Liat aja dulu seberapa bagus reaksi pasar terhadap MegaDazzler. Kalo positif dan keliatan bakal ngancam si GK, gak apalah kelurin Byson dengan spare harga di bawah MegaDazzler. Tapi kalo responnya biasa-biasa aja, yaa mending segera brojolin Scorpio berbaju Byson, untuk head to head ama si Macan. Ini yang lebih prioritas. (Toh secara spek MegaDazzler di bawah si GK, sedang harganya, pastinya gak jauh-jauh amat ama si Megi yang mau almarhum. 11-12 ama si GK)

  17. sembalap
    Juli 21, 2010 pukul 7:23 pm

    @Kodok Ijo
    saya rasa semua pebisnis/atpm pasti mikirin keuntungan sebanyak2nya, stl ada kompetitor yg mengancam ladang bisnisnya baru deh berpikir utk berkompetisi kl perlu ngurangi keuntungan.
    Jangan sampe kita berpikir KMI nggak mikir untung lho, kl saya yg mengatakan justru atpm ini maunya main angka besar… lihat aja apakah cukup realisitis harga motor2 ninja? kok menurutku enggak ya??
    kl memang peduli konsumen seharusnya bebek2nya didesain yg cantik laaah … ah tp paling dia males, buat apa konsen di bebek?? sdh persaingannya ketat, musuhnya raksasa2 mendingan bikin sport aja untungnya gedhe
    sorry bro … no offense, sekedar berpikir terbalik dr situ aja

  18. Adrian
    Juli 21, 2010 pukul 10:43 pm

    Kalo motor fairing bermunculan, pangsa pasar ams makin kecil dong..haha =P

  19. adi
    Juli 22, 2010 pukul 9:58 am

    Icaq’s :
    Sebenernya lebih setuju pake body R125 bro…tp emang yg paling mungkin R15 secara dah ada di India.
    Beberapa waktu lalu dah sempet di test ride di internal YIMM tp gak berkelanjutan untuk dipasarin krn terganjal harga yg terlalu tinggi.

    @ bro icaq; wah bisa tau r15 ada di YIMM..ente kerja di yamaha ya..??..kenal andika dunkz,dia rider juga..

  20. Fahmi Rozi
    Agustus 11, 2010 pukul 1:26 am

    asli azib bgt kalau R15 di keluarin di indonesia,gw sebagai pengguna yamaha seneng bgt kalau YMKI ngeluarin R15,dan gw yakin pasti laku keras.karena konsumen di Indonesia bosan dengan model2 yamaha yg sekarang.gw pasti langsung pesan deh.dari pada bison modelnya ga beda jauh dengan yg sudah2,apalagi posisi plat nomornya di atas,…aduh katro bgt cuma model tangki lebih kekar aja…..gw dukung bgt kalau di Indonesia YMKI ngeluari R15,tunggu apalagi ….?

  21. November 4, 2010 pukul 12:32 am

    Gw stuju sm komentar di atas,gmn pun YMKI hrs buruan brojolin R15,dngan nama vixion R,supaya icon YAMAHA motor paling galak dr segi body maupun mesin lebih bs di pertahankan & ga bisa di pandang sblah mata sm pesaingnya,menurut gw trobosan baru bwt YMKI klo sampe R15 kluar di pasaran Indonesia,gw yakin laku keras brppun hrganya,sekarang bnyk orang yg sdh bosen sm motor berfairing dngan mesin 2tak,selain tdk efisien dr bhn bakar,mesin jg msh bnyk kendala,so…tunggu apa lagi,cpt dh kluarin R15

  22. tanpanama
    April 15, 2014 pukul 4:38 pm

    suaranya udah didengar bro skrg!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: