Beranda > Lain Lain, Opini > Test Ride & Review Kawasaki ZX-10R

Test Ride & Review Kawasaki ZX-10R

Selasa 20 Juli 2010 jam 09.14 pagi, seperti biasa saya sedang dikerubuti kesibukan pekerjaan kantor, tiba-tiba handphone saya menerima SMS yang berbunyi: “Test ride latest bike from Honda, Suzuki, Kawasaki & Hyosung at Peter Stevens City on Sat 24 July, booking essential please call.”

Kesempatan test ride datang lagi!! Setelah beberapa kali melewatkan undangan test ride sebelumnya karena hari Sabtu biasanya untuk keluarga dan ada saja yang dikerjakan, kali ini saya tidak mau melewatkannya! Kapan lagi bisa memilih motor yang disukai dan menjajal sesuka hati batin saya.

Ninja Hijau 1000 cc!

Langsung tanpa pikir panjang saya telepon Peter Stevens yang nota bene merupakan salah satu dealer motor terbesar di Australia untuk booking motor yang saya inginkan. Pilihan pertama jatuh pada Kawasaki Z1000, motor bergaya naked sport bike ini telah beberapa bulan membuat saya penasaran, dengan segala macam penghargaan baik dari Australia maupun manca negara. Motor yang digelari “Best Jap’s Naked Bike 2010” oleh majalah Motorcycle Australia itu dalam hitungan hari akan saya jajal kehebatannya.

Tak lama menunggu nada sambung pun diangkat oleh sang resepsionis, setelah saya memperkenalkan diri saya, si resepsionis langsung tahu data-data saya lewat arsip komputernya. Memang satu tahun belakangan ini hubungan saya dengan Peter Stevens Motorcycle cukup baik karena lewat merekalah segala kebutuhan motor saya dan juga kelengkapan berkendara saya dapatkan. Setelah menyebutkan motor yang saya inginkan dan waktu start yang sesuai, saya pun terdaftar sebagai salah satu peserta test ride itu.

Jum’at  23 Juli sore saya mendapat telepon lagi dari Peter Stevens kalau Z1000 yang saya booking tidak bisa digunakan, mereka pun menyuguhkan beberapa alternatif mulai dari Suzuki Gladius 650,  Suzuki V-Storm 650, Kawasaki Ninja ZX10R dan ZX14R, Suzuki Hayabusha, Suzuki B-King 1300, Honda CBR 1000 Fireblade, CBR 600RR, VFR 1200 sampai motor KTM Duke 990 dan Hyosung 650R mereka sodorkan. Saya sempat bingung menentukan pilihan hati, ingin rasanya mencoba ZX14 dan B-King 1300 yang bermesin super gede tapi kuatir belum biasa handling motor berbobot diatas 300kg di jalan bebas hambatan maka niat itu saya urungkan.

Pilihan menyempit di kelas 1000cc, CBR 1000 Fireblade memang menggiurkan untuk di jajal kecepatannya, tapi saya pikir saya bisa pinjam punya teman saya kalau hanya CBR, maka pilihan pun jatuh ke Kawasaki ZX10R. sehari-hari saya mengendarai ‘adik’nya Kawasaki ZX6R, itu pun buat saya sudah cukup powerful bagaimana yang 1000cc gumam saya. Maka saya mantapkan Sabtu besok saya akan ‘bermain-main’ dengan si ‘abang’.

Akhirnya tiba saatnya menjajal ZX-10R!

Riding Position

Hari Sabtu 24 Juli 2010 jam 11.50 saya tiba di Peter Stevens di kawasan Elizabeth St, Melbourne. Setelah isi formulir dan cek SIM,  kunci pun diserahkan, 2 orang dari Peter Stevens Motorcycles akan mendampingi test ride kali ini satu didepan sebagai leader mengendarai Kawasaki Ninja ZX14R berwarna merah maroon dan satu lagi mengendarai Suzuki GSF 650 berwarna biru putih akan berada dibelakang rombongan. Tepat jam 12 seluruh mesin motor yang berjumlah lebih dari 20 itu dinyalakan, suara menderu dari berbagai jenis dan cc meraung di Melbourne yang siang itu agak gerimis.

Silahkan dipilih mau test ride yang mana?

Tanpa menunggu langsung saya tunggangi motor berwarna hijau menyala khas Kawasaki itu, setelah saya menyesuaikan kaca spion dan tuas kopling saya pun menyesuaikan posisi duduk, tidak jauh beda seperti ZX6R, riding position Kawasaki ZX10R pun merunduk khas superbike, dengan body lebih panjang dan lebih gemuk sedikit dibanding sang ‘adik’, saya merasa agak kerepotan awalnya, tetapi alhamdulillah saya cepat menyesuaikan diri dengan motor tersebut, dengan bobot 210kg motor ini cukup berat buat saya yang hanya berpostur 170cm-70kg. Saya pun membatin apakah sanggup melewati kecepatan 150kpj di jalan tol dengan motor seberat ini?

Siap-siap test ride!

Performa Mesin

Tak lama aba-aba berangkat pun disuarakan tanda mulainya konvoi test ride kali ini, setelah membaca Basmalah saya pun memutar gas pelan-pelan, diluar dugaan saya motor ini tidak terlalu responsif, entah saya yang terlalu hati-hati atau memang mesinnya seperti itu tetapi berikutnya saya buka gas agak dalam barulah performa mesin motor ini ‘keluar’.

Ternyata memang power motor ini keluar sewaktu melewati RPM 4000. Lewat dari RPM 4000 saya seperti merasa naik kereta tanpa gerbong! Cepat sekali motor ini melesat, lepas dari Elizabeth St kami langsung mengarah ke kiri masuk ke Flemington Rd, lalu lintas yang tidak padat membantu kami mengeksplorasi performa mesin setelah beberapa kali terkena lampu merah kami pun masuk ke jalan bebas hambatan di West Gate Freeway ke arah Pascoe Vale, trek lurus dan jalan mulus menggoda saya untuk memuntir gas lebih dalam lagi. Kecepatan di dalam kota  berkisar antara 60-70kpj hanya menggunakan gigi satu, dan mesin tidak  meraung-raung, saya puntir lebih kencang lagi sampai 100kpj barulah gigi saya pindahkan ke gigi dua. Batas kecepatan di kota Melbourne untuk jalan tol memang 100kpj, tapi berhubung kami dalam rangka test ride maka ijin dari polisi pun keluar untuk menggeber mesin.

Pada kecepatan 120kpj saya ganti gigi ke gigi tiga, kecepatan saya tingkatkan hampir mendekati 180kpj, RPM menunjukkan angka 10000, ingat pesan dari mekanik supaya diatas 10000 sebaiknya sudah ganti gigi maka saya masuk ke gigi empat.

Saya puntir gas lebih dalam lagi, dengan mudahnya motor melesat ke angka 240kpj, saya seperti terbang kealam mimpi, kecepatan secepat ini kapan lagi di Melbourne pikir saya. Hari biasa harus main-main ke Phillip Island untuk menjajal kecepatan secepat ini, penasaran ingin rasanya saya geber lagi mesin ZX10R ini tapi melihat kondisi jalan yang mulai licin saya urungkan niat saya, masih sayang nyawa pikir saya. Toh masih ada kesempatan test ride berikutnya.

Handling

Seperti yang saya ceritakan di awal handling motor ini awal terasa berat buat saya, tetapi lama kelamaan tidak lebih seperti mengendarai Honda Tiger atau Scorpio, handlingnya begitu enteng dan tidak ragu-ragu saya mengajak ‘rebah’ motor ini di tikungan dengan kecepatan 90-110kpj. Sungguh luar biasa motor seberat 210kg ini menjadi mudah dikendalikan di kecepatan tinggi, ditambah balutan ban Bridgestone Battlax berukuran 190 di belakang dan 120 di depan membuat saya cukup ‘PeDe’ merebahkan diri di tikungan tajam tanpa rasa was-was sedikitpun.

Untuk pengereman pun tidak usah kuatir dengan rem double disc Nissin di depan dan belakang menjamin pengereman yang prima ditambah lagi big fork Showa dan steering damper Ohlins membuat handling motor ini semakin sempurna.

Setelah kurang lebih 1 jam kami memutar arah untuk kembali ke tempat start untuk menuntaskan test ride hari ini arah yang diambil tetap melewati West Gate Freeway tetapi kami memilih pintu keluar di daerah Docklands untuk kembali masuk kawasan kota.

Keluar di Docklands langsung kami mengarah ke Harbour Town dan masuk ke La Trobe St dan kemudian berbelok di Little Lonsdale St dan finish kembali di Peter Stevens Elizabeth St. Setelah finish, kami pun memarkir motor di trotoar depan Elizabeth St dan berbincang-bincang dengan rekan biker yang lain mengenai motor yang masing-masing kami kendarai.

Kesimpulan saya, motor ini mempunyai mesin yang luar biasa sekali. Walaupun sehari-hari saya mengendarai motor 600cc, ZX10R terasa seperti motor lain yang membuat saya merasa downgrade saat kembali kerumah dengan ZX-6R. Sayapun bertekad, untuk upgrade ke 1000cc!

Salam,

Ading

Penulis Kelar Test Ride..."Gw harus punya nih!"

Ditulis oleh Ading

  1. Legenda Rider
    Juli 24, 2010 pukul 8:29 pm

    pertamax,
    di Indonesia ada ga yah?

  2. Legenda Rider
    Juli 24, 2010 pukul 8:30 pm

    maksudnya Importir Indonesia, ada yg ngadain test ride ga? kl ada pingin nyobain.

  3. Juli 24, 2010 pukul 8:30 pm

    anjiirrrrrrr taon depan mudah2an bisa ksana deh ding….

    aih gagal pertamax 😦

    • Ading
      Juli 25, 2010 pukul 1:45 am

      amiiiinnnnn… gw tunggu Kel

  4. Aim
    Juli 24, 2010 pukul 9:30 pm

    hehehe enak tuh kalau iu ngundang ngundang test ride … aye juga mau.. btw mantab juga yah hyosung, motor korea yang satu in test ridenya barengan moge jepang….harganya lebih murah gak dibanding motor jepang?

    kesana bareng yah kel

    • Ading
      Juli 25, 2010 pukul 1:47 am

      yg undang kan dealer im, bukan ane :p, hyosung jauh lebih murah.. bisa setengahnya motor jepang

  5. zukro
    Juli 24, 2010 pukul 9:50 pm

    mangtabs!!! Btw,ini blog penulisnya ada berapa om?koq ganti2 penulisnya?

    • Juli 25, 2010 pukul 8:30 am

      ada 4 orang bro. spesialis modif bodi (aim), spesialis modif mesin (ivan), spesialis moge & international biker (ading), dan spesialis curhat (gue), wakaka…

  6. Fr1z
    Juli 25, 2010 pukul 8:27 am

    wkwkwk… yang nulis blognya ada sekampung om.. jadinya rame terus… :mrgreen:

  7. Juli 25, 2010 pukul 9:27 am

    wihh..Honda VFR nya mantap tuh :mrgreen:

  8. Mr_Long'S
    Juli 25, 2010 pukul 11:22 am

    Jiahh pantesan penulis ny ganti2 nama truz trnyata ohh trnyata keroyokan tohh nulis ny…

    Btw penulis bs 4 orng gtu sk kopdar brng apa cm di dunia maya aza,??

    • Juli 26, 2010 pukul 12:52 pm

      kopdar dong bro, tapi yang satu ada di melbourne, jadi kopdarnya setaun sekali kalo dia hehehe

  9. Juli 26, 2010 pukul 10:13 am

    wekz..ada VFR…
    knapa gak coba yg itu om??

    • Ading
      Juli 26, 2010 pukul 3:45 pm

      VFR walau kapasitas mesinnya 1200cc tapi ngga ada tarikan akselerasi seperti motorsport, cuma ‘sekedar’ motor touring yg nyaman dikendarai. disamping itu dulu sudah pernah coba punya teman jadi ngga gitu penasaran 🙂

  10. minimiman
    Juli 26, 2010 pukul 4:04 pm

    wahh ulasan yg mantaps… jd pengen, coba di indo ada test ride moge2 bgt huhuhuh pst ikutan dah… btw bro ading kpn ne mau gantiu zx10 nya.. pengen tau max speednya brp hehehehe

    • Ading
      Juli 27, 2010 pukul 11:02 am

      waduh blom ada duitnya nih mo upgrade.. 🙂 kepake buat yg lain dulu.. :p

  11. Juli 25, 2011 pukul 9:39 pm

    haha..gw kemarin br naek ni mtor warna item n msh ada 1 di jawatimur tpatnya tulungagung milik pak kiai temen bokap..100 jempol bwt zx10r

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: