Beranda > Lain Lain > Sejarah Motor-Motor Super! (Part 2)

Sejarah Motor-Motor Super! (Part 2)

Seringkali permasalahan dari superbike era 60-70an adalah power yang terlalu besar akan tetapi handling yang tidak mumpuni untuk menangani power besar tersebut. Teknologi sasis dan ban saat itu belum cukup memadai untuk menangani motor dengan power yang sangat besar. Baru pada tahun 1980an mesin mesin superbike mulai bisa mengendalikan power dengan baik. Kawasaki GPZ900R adalah superbike modern pertama yang dikeluarkan tahun 1984, bahkan performa motor ini masih sangat mengesankan sampai sekarang.

Generasi Superbike Modern Paling Awal!

Kawasaki GPZ900 mampu mengeluarkan 100 HP lebih, Mesin 4 silinder segaris ini dibungkus dengan sasis yang padat, di design dengan baik, dan juga menggunakan fairing yang berbahankan plastik! Motor ini membuat standard baru dunia superbike kala itu.

Selanjut pada era 1980an lah semua teknologi superbike berkembang pesat. Design, sasis, dan mesin semua berkembang dengan pesat. Insinyur berexperiment dengan berbagai design industri motor superbike pun telah menjadi era baru di tahun ini. Yamaha FZR1000, Honda CBR600, dan Suzuki GSX750, semuanya muncul pada tahun-tahun ini, dan semuanya adalah kendaraan yang mempunya performa yang sangat baik.

Pada awal tahun 1990 pilihan tidak hanya kepada mesin mesin Jepang, tapi Ducati muncul dan menawar design design yang maju. Ducati bangkit dari kegelapan, dengan mesin yang sangat kuat, bukan hanya di jalan tapi juga di arena balap! BMW juga mulai terjun dalam persaingan, di Inggris Triumph lahir kembali dibawah tangan seorang investor.

Pada kala itu kelas utama superbike adalah 600 CC, 750 CC, 1000CC 4 silinder , 1000 CC V-twin. Dan pasar yang paling diperebutkan oleh industri motor adalah 600 CC, dikarenakan kelas ini dimana banyak biker nyaman. Power yang cukup besar dan masih bisa diterima dan mudah dikendalikan untuk hari-hari. Kelas 600 CC sangat ideal bagi kebanyakan orang, kelas ini menawarkan kecepatan dan disatu sisi harga yang lebih terjangkau bagi kebanyakan orang.

Kelas 750CC menjadi sangat tidak penting , hal ini disebabkan karena kebanyakan lebih memilih 600 atau langsung ke 1000 cc! Akan tetapi permintaan arena balap akan motor 750 CC juga telah menelurkan Yamaha R7 dan ZX7R.

Yamaha R7, motor 750 CC ini mampu mengeluarkan 160 HP dan top speed 298 kmh!

Sekarang superbike telah demikian berkembang dan berubah. Tahun 2000 superbike telah benar benar dewasa, disinilah abad baru superbike yang memanfaatkan berbagai teknologi canggih yang dulu belum ada.

  1. daris
    Juli 29, 2010 pukul 6:20 am

    pertamax

  2. at_cool
    Juli 29, 2010 pukul 6:35 am

    ninja gpz diatas tu yang dipake tom cruise pas film top gun ya???

  3. at_cool
    Juli 29, 2010 pukul 6:40 am

    yang r7 sayang bgt, dibuat cuman untuk homologasi, kalo mobil kaya lancia delta,
    r7 mahal sih ya, tapi pure racebreed sih….

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: