Beranda > Lain Lain > Artikel Islam: Ketika Akhirat Hanyalah Sebuah Simbol

Artikel Islam: Ketika Akhirat Hanyalah Sebuah Simbol

Sering sekali kita berbicara tentang masalah agama dengan kawan kita , sering sekali kita berdiskusi tentang masalah Akhirat dengan semangat yang menggebu-gebu, tapi pernahkah kita bertanya kepada diri kita sendiri, apakah kita benar-benar sudah meresapi apa yang sedang kita bicarakan? Apakah pernah terbesit di dalam diri kita kalau apa yang kita bicarakan tidak berbekas di dalam diri kita? Apakah kita sadar kalau saat ini keadaan kita sama dengan Bani Israil ketika Allah menegur dalam surat Al-Baqarah ayat 44 “Apakah kamu menyeru manusia kepada kebaikan, padahal kamu lupa perihal dirimu sendiri? … “

Saudaraku sering sekali kita berdebat, berdiskusi tenang berbagai masalah dalam Agama kita, tapi pada kenyataan yang terjadi tidak ada kemajuan sedikitpun dari diri kita dari apa yang kita bicarakan. Saudaraku seringkali kita menyeru kepada kebaikan , padahal kita sendiri tidak melakukan kebaikan yang kita umbar. Lidah kita berbicara tapi semuanya tidak berbekas di dalam hati kita. Apakah kita sadar kalau keadaan kita sama dengan kaum Khawarij yang dicela oleh Rasulullah ‘alaihi sholatu wa sallam “Mereka membaca Al Qur’an tapi tidak melewati kerongkongan mereka.” (HR. Bukhari nomor 3610 dan Muslim nomor 4351).

Wahai saudaraku banyak sekali kita berbicara tentang akhirat, banyak sekali kita berbica tentang agama, tapi lihat semua itu tidak banyak memberikan manfaat untuk diri kita. Kita mengenal Islam, kita tahu hukum, tapi pada kenyataannya semua itu hanya menjadi sebuah simbol yang hanya menjadi hiasan dalam hidup kita.

Ketika kita mengucapkan “Allahu Akbar” apakah kita paham yang sedang kita ucapkan? Ketika kita bersumpah dengan nama Allah, apakah kita paham makna dari sumpah itu? Ketika kita sholat membaca alfatihah apakah kita sudah memahami apa yang sedang kita baca? Sudahkah Islam melebur kepada setiap sisi kehidupan kita? Apakah kita masih termasuk dari golongan orang-orang yang hanya menjadikan Islam sebuah simbol?

Tulisan ini hanyalah sebuah renungan untuk diri kita sendiri, agar kita senantiasa mengingat dan mawas diri dari apa yang telah kita ucapkan. Setiap perbuatan , setiap perkataan, semua akan dipertanggung jawabkan. Semoga Allah mengampuni khilaf kita dan memberikan cahaya iman yang menjadi pelita dalam hidup kita. Semoga Allah senantiasa memberikan kita petunjuk dan hidayah kepada kita. Semoga kelak kita menjadi seorang hamba yang dengan bangga mengibarkan panji-panji Islam dalam diri kita sendiri. Semoga kita bukan menjadi orang yang hanya berbicara tapi tidak dapat manfaat dari apa yang dibicarakan. Ya Allah berikanlah kekuatan dan ketabahan kepada diri saya dan saudara-saudara saya seiman untuk berpegang teguh dalam Agama ini.

Amien

Kategori:Lain Lain
  1. X
    November 19, 2010 pukul 10:55 pm

    Amien ya Robbal alamin..
    artikel yang sangat bagus, semoga dapat kita ambil banyak hikmah dari tulisan sdr. Aim ini..

    Terimakasih, Wassalam

  2. samawatu@yahoo.co.id
    November 20, 2010 pukul 12:09 am

    betul sekali, selama ini banyak saudara-saudara kita yg demikian.

  3. elsabarto
    November 20, 2010 pukul 6:51 am

    semoga juragan blog ini juga mengamalkan Islam dengan baik, gak cuma sebatas Islam KTP seperti yg disindir dalam artikel pencerahan ini, amin…

    • Aim
      November 20, 2010 pukul 10:16 am

      amien ..:)

  4. xxl123
    November 20, 2010 pukul 7:51 am

    like this

  5. VJ RacingSpeed
    November 20, 2010 pukul 7:09 pm

    Amiiinnn…

  6. November 21, 2010 pukul 10:32 pm

    Yaps bro :)… sama seperti salah satu firman-Nya.

    “Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” (QS.61:2-3)

    semoga kita digolongkan menjadi hamba2-Nya yang selalu mengaplikasikan setiap ilmu yang kita tau.. amin

  7. And2
    November 22, 2010 pukul 9:47 pm

    amin, jempol……

  8. harsaladin
    Januari 1, 2011 pukul 1:11 am

    Thank you very very so much. You remind all of us. It is easy to say but it is hard to do, isn`t it?

  9. damai
    Januari 12, 2011 pukul 8:08 pm

    waaaah bukan hanya doyan urusan modif & ngoprek motor tp ternyata agamis jg,jd betah ane pantengin nih Blog…..BALANCE

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: