Beranda > Lain Lain, Opini > Efek Buruk Karbon Monoxida Dari Kendaraan Bermotor

Efek Buruk Karbon Monoxida Dari Kendaraan Bermotor

images-9Mungkin kita pernah merasakan ada suatu waktu,  yang dimana saat itu kita mengalami kelelahan.. emosi meningkat,  stress,  saat mengendarai motor. Dan biasanya ini terjadi saat jam-jam sibuk ketika pulang kantor.

Nah bisa jadi ini disebabkan hirupan gas co dari kendaraan bermotor. Karena biarpun sedikit,   gas karbon monoksida itu dapat berefek buruk terhadap tubuh kita.

Keracunan gas karbon monoksida dikatakan akan membahayakan nyawa apabila kadar dalam darah sudah mencapai 20 persen.  Apabila sudah mencapai  20 persen maka kita akan merasakan gejala-gejala berikut :

-Mual-mual

-Nafas mulai  terasa sesak

-Sakit Kepala

Akan tetapi walaupun kadar CO dalam tubuh kita belum mencapai tahapan yang membahayakan nyawa, yaitu 20 persen keatas. Ternyata hirupan gas yang sedikit tersebut dapat menghasilkan efek buruk yakni emosi meningkat, mudah marah,  stress dan lain lain.

 

Mungkin tanpa kita sadari ini sering kita alami ketika kita mengendarai motor melintasi kemacetan ibu kota yang padat.  Terkadang hal yang sepele pun akan menyebabkan kita emosi dan marah terhadap pengendara lain.

 

Selain gas CO, pembakaran yang tidak sempurna juga menghasilkan timbal(Pb). Sama seperti hal nya CO, Pb juga berbahaya untuk kesehatan manusia.  Timbal itu suatu logam yang sangat berat berwarna kelabu kebiruan. Pada suhu 550-600 derajat menguap dan bereaksi terhadap oksigen, dan membentuk reaksi yang bernama timbal oksida.

Timbal adalah unsur kimia sebagai polutan yang paling berbahaya, dan dalam dosis rendah pun timbal bisa memunculkan gangguan pada tubuh tanpa memunculkan gejala klinis. Hasil penelitian mengatakan timbal menyebabkan peningkatan jumlah kematian pada penderita penyakit jantung, gangguan kesuburan, mutasi, dll. Alhamdulillah menurut pertamina bensin premium sudah bebas timbal semenjak 2006.

Berikut adalah beberapa tips bagi bikers yang  untuk mengurangi  efek buruk gas karbon monoksida ataupun zat beracun lain yang mencemari udara sekitar kita, terutama untuk biker yang sehari-hari beraktivitas di jalanan:

1.Banyak minum air putih.

2.Menggunakan masker motor.

3.Sering cuci muka kita dengan air (Berwudhu bagi yang muslim).

4.Pola makan yang sehat.

5.Hindari Cafein dan Rokok.

6.Untuk yang Muslim jangan lupa sholat dan berhenti sejenak di Masjid ketika dalam perjalanan pulang.

7.Luangkan waktu saat weekend untuk berolah raga.

8.Kurangi bergadang.

Nah tentu apabila badan kita sehat, sudah pasti daya tahan tubuh kita akan meningkat sehingga meminimalisir efek efek buruk dari zat zat beracun yang kita hirup.  Semoga bermanfaat!

 

Sumber: berbagai sumber.

Kategori:Lain Lain, Opini
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: