Beranda > Modifikasi > Memakai GPS/Smartphone Holder membahayakan ?

Memakai GPS/Smartphone Holder membahayakan ?

1Seiring dengan Semakin lumrahnya pemakaian GPS/Smartphone dengan fungsi GPS, menjadi trend tersendiri buat kita biker untuk memakai GPS holder. Akan tetapi pemakaian holder seperti ini juga bukan tanpa resiko. Salah satu resiko safety yang dikhawatirkan adalah terpecah belah konsentrasi biker ketika mengendarai sepeda motor.

Pada tanggal 2 maret 2017 kemaren melalui artikel motorplus , dikabarkan kalau pemakaian GPS Holder  akan dikenakan denda sebesar Rp 500.000 rupiah? Wuih besar juga ya… Apa landasan hukum Polri menilang pengguna GPS Holder? Berikut aturannya.

Pasal 279 UUD Lalu Lintas menyebutkan, “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas sebagai mana dimaksud dalam pasal 58 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan dan denda paling banyak Rp 500.000,- (lima ratus ribu rupiah)”.

Nah itu landasan hukum menurut artikel motorplus.. GPS holder dianggap sebagai perlengkapan yang mengganggu keselamatan. Menurut pendapat saya pribadi, memang ada benarnya melihat GPS saat mengendarai dapat memecah fokus kita. Bahkan ada seorang teman menceritakan pernah terserempet Gojek karena driver nya terlalu fokus melihat HP nya.

Adapun pernyataan akan ditilang pengguna gps holder setelah ditelusuri polri tidak pernah mengeluarkan makkumat tersebut, berikut link penelusuran detikcom https://m.detik.com/news/berita/d-3434437/pesan-berantai-copot-holder-hp-jelang-operasi-simpatik

Meskipun begitu alasan mengganggu keselamatan memang bisa diterima, akan tetapi hal ini tentu akan menciptakan polemik tersendiri apabila diterapkam,  karena banyak Ojek Online yang memanfaatkan fasilitas Smartphone/GPS nya akan merasa aturan ini merugikan mereka. Dan juga GPS Holder sebagai alat yang mengganggu keselamat itu debatable.

Kalau saya beranggapan sebenarnya masalah ini juga tergantung individunya, karena biker yang bijak tentu tidak akan melirik Smartphone nya ketika kendaraannya melaju. Dan seharusnya masalah keselamatan bisa di utamakan dengan berhenti sejenak ketika hendak melihat Smartphone nya.

Jadi menurut saya solusi yang baik adalah dimulai dengan meng edukasi Biker akan bahaya nya melihat, melirik smartphone saat sedang melaju. Dan menghimbau untuk berhenti sejenak apabila ingin mencari alamat dan melihat GPS nya.

 

Iklan
Kategori:Modifikasi
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: